• Kontak Kami
  • Hotline : (0273) 4631130
  • SMS : 085801439808
  • BBM : 5C97FE54

Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Beranda » Alat Pengiris Bawang Merah » Usaha Bawang Goreng yang Menjanjikan

Usaha Bawang Goreng yang Menjanjikan

Ditambahkan pada: 25 Juli 2017 / Kategori:
Kode : -
Berat : 300 gram
Stok : Ready Stock
Dilihat : 348 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Usaha Bawang Goreng yang Menjanjikan kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Usaha Bawang Goreng yang Menjanjikan

Usaha Bawang Goreng yang Menjanjikan

Bawang goreng hampir ada di setiap masakan khas Indonesia. Rempah yang satu ini memang dapat menambah cita rasa suatu masakan. Bagi pelaku bisnis, tentu ini bisa dilihat sebagai sebuah peluang usaha. Para pelaku usaha bawang goreng pun mulai bermunculan. Usaha ini memang banyak diminati, salah satunya karena tidak perlu kemampuan khusus untuk memulainya. Usaha menjual bawang goreng bisa dilakukan siapa saja. Tidak heran jika usaha ini sering dipilih mereka yang ingin memulai bisnis yang mudah. Walaupun mudah untuk dikerjakan, usaha yang satu ini tetap memerlukan persiapan yang matang sebelum memulainya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui tentang usaha ini.

Persiapan Penting Memulai Usaha

Persiapan dibutuhkan agar usaha yang akan dijalankan bisa dipahami dengan benar. Sebelum memulai, Anda perlu tahu bagaimana peluang dan prospek usaha ini. Penting juga untuk mengetahui dan memahami analisa usahanya, persiapan alat juga bahannya, cara membuat produknya, serta pemasaran produk. Simak ulasan berikut untuk Anda yang mempunyai niat membuka usaha bawang goreng.

Membaca prospek usaha

Untuk bisnis bawang goreng memang menjadi salah satu pilihan usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak, peluang untuk menjalankan usaha ini begitu besar. Anda tidak perlu mempunyai kemampuan hebat untuk bisa membuka usaha ini. Hal yang Anda perlukan hanya lah kemampuan untuk menyediakan bahan, membuat, dan memasarkan. Mudah untuk menyediakan bahan untuk usaha ini. Bawang merah banyak tersedia di pasar-pasar tanah air. Sedangkan untuk membuat bawang goreng sendiri tidak sulit dan bisa dilakukan siapa saja. Untuk pemasaran usaha bawang goreng tidak perlu bingung. Bawang goreng memiliki pasar besar di Indonesia. Prospek usaha ini ke depannya cukup menjanjikan, terlebih masyarakat yang berubah menjadi lebih menyukai segala hal yang praktis.

Menganalisa usaha

Sebelum Anda memulai, lebih baik jika mempelajari analisa usahanya terlebih dahulu. Pahami modal yang dibutuhkan, biaya usaha yang akan dikeluarkan setiap harinya, dan perkiraan laba atau keuntungan yang bisa diperoleh. Modal untuk bisnis bawang goreng tidak begitu besar. Modal yang jelas perlu dipersiapkan adalah kompor lengkap tabung gas untuk penggorengan sekitar Rp 600.000,-. Usaha bawang goreng juga memerlukan modal untuk wajan besar Rp 150.000,-, talenan Rp 30.000,- pisau 50.000,-, baskom Rp 100.000,- peniris minyak Rp 1.500.000,- dan loyang besar Rp 60.000,-. Sehingga total investasi awal untuk modal membutuhkan biaya sekitar Rp 2.500.000,- dibulatkan dengan sisanya bisa dipakai untuk modal lain yang mungkin akan muncul. Setelah Anda mengetahui gambaran mengenai modal awalnya, sekarang perlu mempelajari biaya operasional usahanya. Biaya untuk bawang merah sebanyak 25kg sebesar Rp 275.000,- minyak goreng 5 liter Rp 60.000,-, garam Rp 2.000,-, kemasan produk Rp 50.000,-. Tambahan untuk gas LPG Rp 23.000,- bisa dipakai hingga satu minggu, jadi per harinya sekitar Rp 8.000,-. Total biaya operasional sekitar Rp 395.000,-, Anda bisa bulatkan sendiri biayanya agar ketika ada biaya tak terduga sudah ada persiapannya.

Operasional Produksi

Cara membuat bawang goreng mudah yaitu dengan mengiris tipis bawang merah. Anda bisa menggunakan pisau manual atau mesin pengiris. Dua jenis peralatan ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, antara harga dan cara kerjanya. Namun untuk usaha kecil yang ingin lebih efisien, bisa memilih produk alternatif yakni alat Pengiris Serbaguna. Alat ini lebih efisien dari pisau biasa, tetapi lebih murah dari mesin pengiris bawang. Membuat bawang goreng sama seperti membuat keripik. Tips yang perlu Anda pelajari adalah membuat irisan yang tipis dan konsisten. Tips membuat keripik atau pun bawang goreng yang bisa Anda coba adalah mengiris menggunakan alat pengiris serbaguna. Cara kerja alat ini seperti saat membuat es serut. Masukan bawang merah ke alat utama, kemudian tutup dengan kotak pemotongnya. Gerakan maju mundur agar bawang merah dapat terpotong dengan ukuran tipis dan sama. Jangan lupa untuk menyiapkan baskom di bawah alat ini sebagai wadah untuk bawang yang teriris. Agar usaha bawang goreng lebih menguntungkan, sebelum digoreng, irisan bawang merah direndam dengan air garam terlebih dahulu. Perendaman tersebut mempunyai manfaat sebagai pengawet alami, sehingga produk Anda bisa bertahan lebih lama. Proses perendaman tersebut juga bisa meningkatkan kualitas bawang goreng yang Anda hasilkan. Angkat bawang dari rendaman setelah 1 jam dan keringkan sekitar 1 atau 2 jam.

Tips menggoreng

Setelah bawang merah siap, panaskan minyak goreng. Sebelum memasukan bawang ke minyak, atur nyala api kompor menjadi kecil. Jangan terlalu besar karena bawang merah mudah untuk gosong. Goreng bawang merah sambil diaduk-aduk agar matang dan garing merata. Setelah tercium bau harum dan bawang terlihat mulai garing, Anda harus langsung mengangkatnya. Tips usaha bawang goreng yang cukup penting adalah jangan menggoreng bawang terlalu lama atau menunggu cokelat. Perubahan warna cokelat akan terjadi saat bawang diangkat dari minyak. Jadi jika digoreng hingga cokelat, nanti Anda akan memperoleh bawang goreng dengan warna yang gelap dan tidak menarik. Tiriskan minyak untuk kemudian dikemas ke plastik menjadi 45 kemasan.

Pemasaran produk

Pasarkan produk dengan harga Rp 10.000,- per kemasan sehingga Anda memperoleh Rp 450.000,- per hari. Maka Anda bisa menghitung perkiraan laba per harinya yakni Rp 450.000,- dikurang biaya operasional Rp 395.000,-. Jadi laba bersih usaha Rp 55.000,- per hari. Usaha bawang goreng mempunyai banyak pasar, mulai dariĀ  supermarket, minimarket, toko, atau ke warung-warung makanan, dan restoran. Agar calon pembeli mudah mendapatkan produk dan informasi, cantumkan no telephone yang bisa dihubungi di kemasan bawang goreng.
Itulah beberapa informasi singkat mengenai persiapan-persiapan yang perlu dilakukan saat Anda ingin membuka usaha bawang goreng. Anda juga bisa menambah persiapan dengan melakukan survei pasar.

PENGIRIS SERBAGUNA UKURAN SEDANG
Panjang keseluruhan 45 cm
Tinggi tempat irisan 6 cm
Lebar tempat irisan 6 cm
Panjang tempat irisan 12 cm
Berat keseluruhan + Packing 2,2 kg
Harga 65 Ribu

PENGIRIS SERBAGUNA UKURAN BESAR
Panjang keseluruhan 48 cm
Tinggi tempat irisan 8 cm
Lebar tempat irisan 8 cm
Panjang tempat irisan 16 cm,
Berat keseluruhan + Packing 2,8 kg
Harga 80 Ribu

PENGIRIS SERBAGUNA UKURAN JUMBO
panjang keseluruhan 48 cm
Tinggi tempat irisan 10 cm
lebar tempat irisan 10 cm
panjang tempat irisan 18 cm,
berat keseluruhan + Packing 3 kg
Harga 95 ribu

Informasi Pemesanan

0858-0143-9808

(SMS/WhatsApp)

Nilai Kualitas Konten

Belum ada review untuk Usaha Bawang Goreng yang Menjanjikan

Silahkan tulis review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*










SIDEBAR